Rabu, 19 Agustus 2009

03.28

Ondel-Ondel Ternyata Panjang Umur Lho!

hengky janu vandry Add comments


- Jakarta tak akan lengkap jika tidak ada benda yang satu ini. Benda itu terbuat dari bambu, kayu, fiber, dan ijuk. Bentuknya, mirip manusia dan dilengkapi dengan pakaian khas Betawi. Ya, benda tersebut adalah ondel-ondel.

Sama seperti manusia, ondel-ondel ternyata bisa panjang umur lho. Jika mendapat perawatan yang bagus, ondel-ondel mampu berumur puluhan tahun, seperti ondel-ondel milik ibu Rohaenah (64). Dua dari 11 ondel-ondel miliknya sudah mencapai usia 90 tahun.

"Usianye udeh 90 taon. Ondel-ondel ini udeh ade sejak engkongnye (suami Rohaenah) belum ada. Sekarang engkongnye udeh 81 taon," ujarnya kepada Kompas.com dengan logat Betawi kental, di bilangan tak jauh dari bundaran HI, Minggu (16/8).

Menurut dia, perawatan ondel-ondel cukup mudah. Seusai pentas, bambu yang berada di dalam ondel-ondel sebaiknya di lepas.

Lalu, ondel-ondel dibungkus dengan plastik dan diberi kamper agar tidak dimakan kutu kayu. Setiap beberapa tahun sekali (kurun waktu tak tentu), bambu untuk rangka ondel-ondel harus diganti.

Demikian pula kayu bunga untuk menyetabilkan ondel-ondel. Kayu bunga ini berada di tengah badan ondel-ondel.

Jika tidak merawat dengan baik, para seniman ondel-ondel ini harus mengeluarkan uang lebih membuat ondel-ondel baru. Sebuah ondel-ondel dapat mengeruk biaya hingga Rp1 juta.

Apalagi kayu bunga sangat sulit didapat saat ini. Sebuah nominal yang relatif mahal bagi seniman ondel-ondel di tengah sepinya order manggung saat ini.

Rohaenah menuturkan akan tetap melestarikan ondel-ondel meski keberadaannya semakin tergerus perkembangan budaya di Jakarta. Dia berharap, pemerintah DKI Jakarta mau peduli dengan kesenian khas Betawi seperti ini.

0 komentar

Posting Komentar (Old Form)


ShoutMix chat widget

Mengenai Saya

Foto saya
mimpi untuk di capai,bukan untuk di impi-impikan..